3 Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian besar bahan makanan memang akan jauh lebih menarik apabila digoreng. Namun sayangnya, mengkonsumsi makanan yang diolah degan minyak goreng seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko kesehatan. Padahal, minyak goreng sendiri juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh. Salah satunya adalah minyak goreng fortune?. Meskipun memang makanan yang digoreng bisa beresiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun dampak buruk ini baru akan terjadi jika menggunakan minyak goreng yang salah.


Apabila kamu bisa menyajikan makanan dengan minyak yang tepat, maka risiko tersebut pun bisa diminimalkan. Lantas, apa saja sih manfaat dari minyak goreng bagi kesehatan tubuh?

Manfaat Minyak Goreng Fortune

Ada banyak sekali manfaat dari minyak goreng yang bisa kamu dapatkan jika bisa memilih dan mengolah makanan dengan tepat. Berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan minyak goreng yang tepat dan sesuai.

1.      Menunjang Kesehatan Jantung

Bila kamu memang ingin menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat, maka pilihlah minyak zaitun sebagai pengganti dari minyak goreng biasa.

Meskipun memang harganya jauh lebih mahal, namun minyak zaitun ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun, perlu kamu inagat bahwa minyak zaitun ini tidak cocok jika dipakai untuk menggoreng makanan dengan metode deep fry.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki titik didih yang rendah, sehingga akan jauh lebih baik jika kamu menggunakannya untuk memanggang, atau membuat tumisan yang hanya membutuhkn sedikit minyak.

2.      Baik untuk Kesehatan Kulit

Minyak goreng juga bisa membuat kulit kamu lebih sehat, lho. Namun, pastikan bahwa kamu menggunakan minyak jagung yang kaya akan vitamin E, ya! Mengkonsumsi minyak jagung sebanyak 1 sendok makan per hari bisa memenuhi 15 persen kebutuhan akana vitamin E harian.

Selain itu, minyak jagung ini juga memiliki tiitk didih yang lebih tinggi, sehingga akan sangat cocok jika digunakan untuk menggoreng makanan dengan metode deep fry sekalipun.

Satu sendok makana minyak jagung mengandung lemak total sebesar 14 gram. Untuk proporsinya sendiri yang benar adalah 1,8 gram lemak jenuh, 3,8 gram lemak tak jenuh dengan rantai tunggal, dan 7 gram lemak jenuh dengan rantai ganda.

3.      Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa minyak yang memang dianggap memiliki kalori yang jauh lebih rendah, dan mengandung sedikit lemak jenuh, sehingga dapat menunjang proses diet yang sedang kamu lakukan.

Minyak kanola ini dapat menjadi pilihan, karena mengandung tinggi asam omega-3 dan omega-6. Kandungan dari lemak jenuhnya pun lebih rendah daripada minyak zaitun dan minyak jagung.

Satu sendok makan minyak kanola mengandung 14 gram total lemak. Rasa dari minyak kanola ini sendiri cenderung lebih netral, sehingga cocok digunakan untuk mengolah beragam hidanga.

Meski begitu, ternyata minyak kanola ini tidak disarankan untuk dimasak dalam suhu yang tinggi. Sebab, ketika minyak kanola dipanaskan, maka akan mengalami oksidasi yang bereaksi dengan oksigen, sehingga akan membentuk radika bebas, dan memicu peradangan.

Selain itu, manfaat lain dari penggunaan minyak fortune ini adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gejala arthritis, hingga mampu mencegah osteoporosis. Nah, bagi kamu yang bingung mau beli minyak dimana, maka Blibli memiliki banyak sekali penawaran dengan harga yang sangat bersaing.

Jadi, tunggu apalagi? Segera belanja kebutuhan minyak goreng kamu di Blibli.com.

Post a Comment

0 Comments