Jenis Lampu LED dan Kegunaannya

Jenis Lampu LED dan Kegunaannya Light Emiting Diode atau yang lebih dikenal dengan singkatan LED banyak digunakan pada berbagai elektronik, termasuk lampu. LED banyak diterapkan pada berbagai elektronik, karena dapat  memancarkan cahaya monoktomatik melalui tegangan maju. Lampu dengan LED ini ternyata memiliki beberapa jenis dan kegunaannya.


Lampu Miniature LED

Lampu pada sensor TV, remot, ponsel, radio, dan elektronik canggih lainnya menggunakan Miniature LED. Fungsi utama dari Lampu Miniature LED memang sebagai hiasan atau lebih tepatnya memberitahukan kepada pengguna elektronik, bahwa barannya sedang menyala. Ukurannya lebih kecil dan harganya lebih murah apabila dibanding dengan jenis LED lainnya.

Lampu Bicolor LED

Jenis LED yang ini biasa Anda temukan pada mainan anak-anak, sepatu dengan lampu saat digunakan, dan lampu pada pohon natal. Ciri utamanya tentu memiliki warna yang banyak dan dapat menyala secara bergantian. Sementara untuk data tahan, ternyata tergantung dari pemakaiannya. Jika terlalu seting digunakan, maka akan cepat mati atau putus.

Lampu Superflux LED

Anda pernah melihat lampu pada papan iklan? Itulah salah satu kegunaan dari Lampu Superflux LED yang memiliki ragam ukuran, mulai dari 3 mm, 5 mm, hingga yang berbentuk flat lens. Lampu ini juga kerap digunakan sebagai lampu sensor, lampu kendaraan, dan juga lampu-lampu khusus yang memerlukan tingkat pencahayaan terang. Resistensi termalnya juga rendah dengan warna bervariasi.

Lampu High Power LED

Jenis LED ini banyak diterapkan pada lampu-lampu untuk di rumah dan di jalanan. Penggunaanya awet dengan masa hidup 5 tahun atau setara dengan 50 ribu jam, hingga mampu menghemat listrik. Namun, Lampu ini lebih cocok untuk di luar rumah yang membutuhkan cahaya lebih terang, karena satu lampu High Power LED setara dengan 25 lampu pijar.

Surface Mount Device LED

Lebih dikenal sebagai jenis SMD LED, ternyata lampu ini tergolong dalam jenis yang hemat energi. Banyak diterapkan pada lampu senter atau emergency, lampu hias, dan lampu yang digunakan untuk sudut ruangan. Beberapa jenis Lampu SMD LED dapat disii kembali daya listriknya atau dihidupkan dengan bantuak listrik.

Chips on Board LED

SMD LED di-upgrade menjadi Chips on Board (CoB) LED, karena SMD masih cepat panas, dan daya tahannya pun lemah. Sehingga kebanyakan Lampu LED sekarang menerapkan penggunaak CoB agar lebih hemat daya, dan masa hidupnya lebih lama. Dibekali dengan ribuan chip, sorotan CoB LED jauh lebih merata.

Post a Comment

0 Comments