5 Macam Investasi Jangka Pendek yang Harus Diketahui

Investasi merupakan salah satu cara menggandakan uang sehingga bisa menjadi lebih banyak. Investasi sendiri ada yang jangka panjang ada juga yang jangka pendek. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai investasi jangka pendek yang bisa Anda lakukan:

Macam-macam Investasi Jangka Pendek



Ada banyak sekali macam-macam investasi yang bisa Anda panen dalam jangka pendek, misalnya adalah:

1.     Reksadana

Pertama, ada Reksadana yang merupakan produk investasi yang bisa dilakukan untuk jangka pendek. Investasi ini dilakukan oleh investor dan dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi ini memainkan uang yang disetorkan oleh investor agar bisa meraih keuntungan.

Jadi, investor tak perlu lagi memikirkan bagaimana strategi dan bagaimana pengelolaannya. Investasi yang satu ini cocok sekali digunakan oleh para pemula karena memiliki risiko yang rendah. Bahkan saat ini investor bisa memulai investasi dengan nominal uang yang sangat sedikit.

Oleh karena itu juga, Reksadana cocok sekali menjadi investasi anak-anak muda yang ingin belajar. Nantinya semua pengelolaan dana akan dilakukan oleh manajemen yang Anda pilih. Kini banyak juga aplikasi Reksadana yang bisa Anda unduh dan gunakan untuk investasi.

2.     Saham

Saham merupakan surat berharga yang menjadi salah satu tanda kepemilikan suatu aset sebuah perusahaan, Surat berharga ini dijual kepada semua orang yang berminat dan uang yang didapatkan digunakan untuk membangun atau mengembangkan usaha.

Kemudian, setiap orang yang memiliki surat berharga tersebut maka ikut memiliki aset yang ada di perusahaan. Oleh karena itu, pemilik aset nantinya akan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan.

Akan tetapi jika perusahaan merugi maka investor juga akan ikut merugi. Saham ini merupakan investasi yang menguntungkan dalam jangka pendek. Namun Anda juga harus jeli mengenai berbagai faktor. Keuntungan yang bisa didapatkan besar begitu juga risikonya.

3.     Surat Utang Negara

Selain perusahaan, nyatanya negara juga menjual surat berharga berupa Surat Utang Negara atau SUN. Surat ini menjadi pernyataan utang dari negara kepada para investor. Produk investasi ini banyak diminati karena yang tanggung jawab adalah negara.

Risiko investasi yang satu ini sangat kecil karena dijamin langsung oleh negara. Tak hanya itu saja, modal yang bisa disetorkan juga tak harus banyak. Bahkan Anda bisa melakukan investasi SUN mulai dari Rp1 juta saja.

Dengan menggunakan metode ini maka negara merupakan pihak yang mengutang dan investor adalah pihak yang menyediakan piutang. Dana digunakan untuk mengelola pembangunan dan kebutuhan negara secara keseluruhan.

Hasil dari pengelolaan tersebut akan menghasilkan keuntungan. Nantinya investor akan mendapat pengembangan dana dari bunga akibat negara utang kepada investor. Produk lainnya bisa dalam bentuk sukuk atau pun obligasi.

4.     Deposito

Selain ketiga investasi di atas, Anda juga bisa menggunakan investasi Deposito. Produk investasi yang satu ini akan memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang sebentar saja atau kurang dari 1 tahun.

Deposito adalah produk tabungan yang bisa Anda gunakan dengan periode 1, 3, 6, hingga 24 bulan. Dana yang bisa Anda dapatkan adalah sesuai dengan tanggal jatuh tempo sehingga tak bisa diambil sewaktu-waktu.

Banyak yang menggunakan produk ini karena memiliki tingkat keamanan yang baik karena diawasi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan dengan jaminan hingga Rp2 miliar banyaknya.

5.     Fintech Peer2Peer Landing

Terakhir adalah dengan memanfaatkan Fintech Peer to Peer (P2P) Landing. Produk investasi berupa P2P Landing merupakan suatu teknik menanamkan modal kepada UMKM Indonesia untuk mengembangkan usaha.

Nantinya keuntungan yang diperoleh dari pengelolaan dana tersebut berupa bunga yang memiliki besaran tertentu. Mengapa disebut sebagai investasi dengan keuntungan jangka pendek? Sebab, waktu investasi bisa dimulai dari 6 bulan, 1 tahun. hingga 2 tahun lamanya.

Untuk modal yang harus dikeluarkan juga tidak banyak. Bahkan Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja. Cocok sekali bagi Anda yang ingin mencoba investasi.

Nah, itu dia macam-macam investasi yang bisa Anda gunakan dengan hasil yang cepat. Tanpa menunggu terlalu lama, investasi Anda berkembang dengan jumlah yang lebih banyak. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat yang besar ya!

Post a Comment

0 Comments