Mobil Mendadak Mogok di Tengah Perjalanan Mudik? Barangkali Ini Penyebabnya!

Mengambil asuransi mudik aman dilakukan sebagian besar orang sebagai bentuk perlindungan terhadap diri dan keluarga selama perjalanan mudik. Akan tetapi, tak semua layanan asuransi dapat mengatasi kendala yang Anda hadapi. Misalnya saja saat mobil mendadak mogok di tengah perjalanan mudik denganjarak yang cukup jauh.

 


Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui penyebab mogoknya mobil sebelum mengambil solusi. Untuk mengantisipasinya, silahkan simak penjelasan berikut ini!

 

  • Melemahnya arus listrik pada aki

 

Salah satu penyebab umum yang membuat mobil sering mogok adalah aki tekor. Pemilik kendaraan bisa saja lupa mematikan sistem kelistrikan saat parkir atau setelah mengemudi, sehingga menyedot listrik dari aki hingga nyaris habis. Oleh karena itu, Anda harus selalu memastikan sistem lampu dan kelistrikan dalam keadaan mati untuk mencegah mobil mendadak berhenti di tengah perjalanan.

 

  • Habisnya kampas kopling

 

Kampas kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan mesin dengan transmisi yang diteruskan ke gugi utama hingga putaran roda. Kalau kampas kopling habis, Anda akan kesulitan memindahkan gigi dan mobil pun tak bisa melaju. Penyebabnya bisa karena usia dan penggunaan berlebih. Temukan dulu penyebab pastinya sebelum Anda mengambil solusi tepat.

 

  • Alternator mengalami aus

 

Penyebab lain mobil mogok di tengah perjalanan mudik adalah alternator yang mengalami aus. Hal tersebut bisa disebabkan putusnya gulungan tembaga atau diode hingga kabel berkarat. Jika salah satu faktor tadi terjadi, listrik yang mengalir ke aki akan berkurang. Jangankan mengemudikan mobil, menyalakan mesinnya saja akan sangat sulit.

 

  • Masalah pada sistem pembakaran

 

Mobil yang masih memakai kariburator cenderung riskan mengalami masalah pada sistem pembakaran akibat setelan klep yang kotor atau terlalu rapat. Sementara pada mobil yang sudah menggunakan injeksi kerap bermasalah pada lubang pin yang tersumbat. Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda perlu mengenali dulu sistem pembakaran yang digunakan pada mobil.

 

  • Mobil jarang diservis atau dirawat

 

Mobil yang jarang menerima perawatan akan rentan mogok. Pasalnya, Anda tak mengetahui ada komponen atau sistem yang bermasalah, sehingga tak bisa segera diperbaiki sebelum membawa kendaraan untuk mudik jarak jauh. Alangkah baiknya Anda memelihara mobil secara rutin, baik dengan dibawa ke bengkel atau dilakukan di rumah.

 

  • Mobil mengalami insiden

 

Insiden adalah penyebab lainnya yang sering membuat mobil mogok di jalan. Faktornya bisa datang dari pengemudi yang mengantuk atau tak mematuhi lalu lintas hingga kecelakaan di jalan yang sedang dilalui. Sebagai pemilik mobil yang bertanggungjawab, Anda harus mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum mudik dan selalu mematuhi aturan saat berada di jalan.

 

Semoga setelah membaca informasi ini, Anda akan lebih siap membawa mobil sebelum mudik, khususnya untuk perjalanan jauh yang panjang dan cukup melelahkan.

Post a Comment

0 Comments